WONDERFUL INDONESIA, WONDERFUL JOGJA, WONDERFUL BANTUL : HUTAN PINUS IMOGIRI

Kamis, 24 Oktober 2013





Hutan Pinus Imogiri, Bantul
Daerah Istimewa Yogyakarta rupanya juga memiliki hutan pinus, letaknya berada di daerah Imogiri, Bantul, tidak begitu jauh dari makam raja Mataram Imogiri. Hutan pinus tersebut merupakan hutan buatan manusia karena pohonnya tumbuh berjajar dengan rapi, mungkin hutan tersebut merupakan salah satu program pemerintah atau pihak yang peduli terhadap kelestarian lingkungan. Seperti namanya hutan tersebut hanya ditumbuhi satu jenis pohon saja, yaitu pinus saja, jadi digolongkan ke jenis hutan homogen. Walaupun namanya hutan tapi jangan dibayangkan hutannya amat sangat lebat ya, dimana sinar matahari tak dapat menembusnya, karena hutan pinus tersebut tidak terlalu luas, tapi juga tidak kecil amat.
Suasananya adem banget
Buah atau bunga pinus???

Rute untuk kesana cukup mudah, lewatnya jalan Imogiri Timur, dari terminal Giwangan lurus saja ke selatan, sampai ketemu papan yang bertuliskan makam raja Mataram Imogiri. Ikuti saja jalan yang ada, kalau kurang jelas atau tersesat silahkan tanya penduduk sekitar yang anda temui. Saran saya, pastikan dan yakinkan bahwa kendaraan yang anda pakai kuat nanjak ya, karena hutan tersebut letaknya diatas dan jalannya nanjak. Tak perlu khawatir masalah parkir kendaraan karena disana sudah disediakan tempat perkir beserta juru parkirnya, dijamin aman deh. Tarifnya 2ribu rupiah untuk motor dan untuk mobil saya tidak tau.
Foto bareng
 Suasana disana teduh dan adem banget, lokasinya cocok banget buat yang hobi foto-foto, baik yang suka difoto maupun yang suka memfoto. Lokasinya juga cocok buat memadu kasih alias pacaran, terbukti dengan banyaknya pasangan muda-mudi yang saya temui, entah di pojok atas, bawah, kanan, kiri. Sekedar informasi ne, dulu disana sering ada razia dari satpol PP dan penduduk sekitar, karena diduga banyak yang pacarannya kebablasan, you know lah what i mean. Oya disana ada larangan yang wajib anda taati, yaitu dilarang keras bermain api asmara,  karena hutan tersebut tidak ada yang nyapu maka daun kering yang rawan terbakar pun menumpuk, jadi amat sangat berbahaya bermain api asmara disana.
Tips saat ke hutan pinus ne :

  1. Bawa makan dan minum secukupnya ya, karena tidak ada pedagang
  2. Bawa kantong plastik alias tas kresek buat tempat sampah, “Keep Clean” ya, soalnya minim tempat sampah.
  3. Bawa alas duduk karena minim tempat duduk. 
  4. Pastikan anda sudah menguasai ilmu tahan buang hajat, baik hajat besar maupun hajat kecil, karena tidak adanya kamar mandi, hutan gitu lho. 
  5. Ini ni yang paling penting, pastikan baterai handphone maupun kamera anda full charge ya, karena dipastikan kalian tidak akan mati gaya saat disana.  
Sekian, selamat berwisata ya.
 

·         
·         
·     

1 komentar:

wisnu wardani mengatakan...

terima kasih informasinya waw banget dehhh...

Posting Komentar